Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi Sebut Budaya dan implementasi K3 adalah kunci bangun ekosistem ketenagakerjaan yang unggul.

Menurutnya salah satu kunci penting dari ekosistem ketenagakerjaan yang berkualitas dan unggul terletak dari penerapan nudaya keselamatan dan kesehatan kerja yang baik, Dengan begini angka kecelakaan atau penyakit yang ditimbulkan akibat kerja dapat ditekan, yang mana pada akhirnya diharapkan bisa meningkatkan produktivitas kerja.

Hal ini dikatakan Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi saat menjadi pembicara pada World Safety Organization (WSO) Safety Culture Award (WISCA) 2023, di Jakarta, pada Rabu tanggal 18 Oktober 2023.

Anwar Sanusi juga menambahkan, pemerintah senantiasa mendorong sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang K3, agar perlindungan bagi pekerja bisa lebih baik serta bisa meningkatkan produktivitas.

Pelaksanaan atau implementasi K3 menurut Anwar Sanusi dapat mencegah serta meminimalisir kecelakaan kerja.

“Keberhasilan program K3 akan meningkatkan indeks pembangunan manusia, dan sangat membantu menunjang pembangunan nasional serta peningkatan daya saing nasional untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan,” kata Sekjen Anwar Sanusi.

Pada kesempatan tersebut juga Sekjen Anwar Sanusi dianugerahkan penghargaan WSO Concerned Citizen Award 2023, yakni suatu penghargaan bagi perusahaan, organisasi atau pun individu yang mempunyai komitmen yang tinggi dalam membudayakan dan penerapan K3 (keselamatan & kesehatan kerja)

Source berita : Kemnaker News

Pentingnya Implementasi K3

Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah krusial dalam berbagai aspek, baik dari perspektif individu, perusahaan, maupun masyarakat secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa implementasi K3 sangat penting:

1 .Melindungi Keselamatan dan Kesehatan Pekerja

K3 bertujuan utama untuk melindungi kesejahteraan dan keselamatan pekerja. Ini membantu mencegah kecelakaan kerja, cedera, dan penyakit yang dapat timbul dari lingkungan kerja yang tidak aman atau tidak sehat.

2 .Meningkatkan produktivitas

Karyawan yang merasa aman dan sehat cenderung lebih produktif. Dengan mengurangi insiden kecelakaan dan penyakit terkait kerja, perusahaan dapat menjaga produktivitas yang tinggi.

3 .Meminimalkan Dampak Finansial

Insiden kecelakaan kerja dan penyakit terkait pekerjaan dapat berdampak besar pada biaya perusahaan. Implementasi K3 yang baik dapat membantu mengurangi biaya terkait perawatan medis, kompensasi pekerja, dan absensi.

4 .Peningkatan Kualitas Produk dan Layanan

Karyawan yang bekerja dalam lingkungan yang aman dan sehat cenderung memberikan hasil kerja yang lebih baik. Ini dapat berdampak positif pada kualitas produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

5 .Kepatuhan Hukum

Banyak negara memiliki peraturan ketat terkait K3. Dengan mematuhi peraturan ini, perusahaan dapat menghindari tuntutan hukum, denda, dan sanksi yang mungkin timbul akibat pelanggaran.

Baca juga : INILAH PERBEDAAN BAHAYA DAN RISIKO YANG PERLU KAMU KETAHUI

6 .Reputasi Perusahaan

Perusahaan yang serius tentang K3 cenderung memiliki reputasi yang lebih baik di mata klien, pelanggan, dan pemangku kepentingan. Ini dapat berdampak positif pada citra perusahaan dan kemampuan untuk menjalankan bisnis dengan sukses.

7 .Keunggulan Kompetitif

Dalam beberapa industri, memiliki sistem K3 yang kuat dapat menjadi faktor keunggulan kompetitif. Perusahaan yang menonjol dalam K3 lebih mungkin untuk mendapatkan proyek, mitra bisnis, dan pelanggan.

8 .Mengurangi Risiko Tanggung Jawab Hukum

K3 yang baik dapat membantu perusahaan mengurangi risiko terhadap tuntutan hukum yang mungkin timbul akibat insiden di tempat kerja.

9 .Kepuasan Karyawan

Karyawan yang merasa bahwa perusahaan mereka peduli tentang keselamatan dan kesehatan mereka cenderung lebih puas dan setia terhadap perusahaan.

10 .Pertumbuhan Berkelanjutan

Dengan menjaga keberlanjutan dalam praktik K3, perusahaan dapat memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan berkontribusi pada lingkungan yang lebih aman dan sehat untuk semua orang.

Secara keseluruhan, implementasi K3 adalah investasi penting bagi perusahaan yang tidak hanya menjaga kesejahteraan pekerjanya, tetapi juga berdampak positif pada produktivitas, kualitas, dan reputasi bisnis.

3 thoughts on “Budaya & Implemetansi K3 Kunci Ekosistem Kerja Yang Unggul”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *