Segini kisaran biaya sertifikasi TKPK untuk pekerja dari Kemnaker

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap pekerjaan umumnya memiliki risiko bahaya masing – masing yang harus selalu diwaspadai oleh para pekerja. Apabila Anda bekerja di ketinggian, pastikan sudah mengikuti pelatihan TKPK dengan biaya sertifikasi TKPK terjangkau.

Sebab ketika mengikuti pelatihan tersebut, maka dipastikan risiko kecelakaan kerja dapat diminimalisir dengan baik. Akan tetapi sebelum itu, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan.Agar bisa mengikuti pelatihan khusus tersebut.

Kisaran Biaya Sertifikasi TKPK dan Alasan Perlu Mengikutinya

Istilah TKPK (Tenaga Kerja Pada Ketinggian), umumnya merupakan sebuah profesi / pekerjaan yang mana seseorang bekerja pada ketinggian tertentu. Seperti di antaranya untuk perawatan pada menara komunikasi, perawatan gedung pencakar langit dan lain – lain.

Di Indonesia sendiri, profesi ini banyak dibutuhkan di beberapa industri seperti telekomunikasi, pertambangan, perhutanan, konstruksi sampai dengan pariwisata outbound. Demi menunjang kelancaran pekerjaan, maka diperlukan adanya pengetahuan dan keterampilan yang cukup.

Adapun mengenai kisaran biaya untuk sertifikasi TKPK satu ini, yaitu sebesar Rp 7 juta rupiah dengan durasi pelatihan sesuai ketentuan pihak lembaga. Sementara untuk materi yang diberikan biasanya terbilang cukup beraneka ragam.

Yakni mulai dari perkenalan & fungsi alat – alat keselamatan, tata cara penggunaan alat & teori keselamatan dan lain – lain. Alasan pentingnya mengikuti pelatihan khusus TKPK ini umumnya memiliki sejumlah manfaat di antaranya sebagai berikut.

Kisaran Biaya Sertifikasi TKPK dan Alasan Perlu Mengikutinya

Umumnya, bekerja di ketinggian dapat berpotensi menyebabkan bahaya keselamatan pribadi para pekerja. Oleh karena itulah, dibutuhkan adanya pelatihan TKPK yang baik. Untuk membantu para pekerja memahami risiko yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilakoninya sehari – hari.

Di samping itu, mengikuti pelatihan khusus TKPK satu ini juga dapat menghindarkan para pekerja dari risiko bahaya yang merugikan. Sehingga, hal ini menjadikan pekerjaan yang dijalaninya tetap aman dan nyaman.

Dapat Mencegah Terjadinya Risiko Kecelakaan

Ikut dalam program training Tenaga Kerja Pada Ketinggian, juga memberikan manfaat penting dalam mencegah terjadinya risiko kecelakaan. Baik itu seperti kecelakaan kerja dengan tingkat kondisi serius ataupun yang lebih fatal dan berdampak buruk bagi pekerja sekalipun.

Ketika mengikuti training tersebut, biasanya seseorang akan dilatih untuk mengidentifikasi dan mengatasi potensi bahaya kecelakaan kerja secara lebih efektif. Dengan demikian, maka risiko kecelakaan bisa dicegah dan diminimalisir dengan sebaik mungkin.

Membantu dalam Memahami Seputar Peralatan dan Prosedur yang Berlaku

Alasan lain yang membuat seseorang perlu mengikuti pelatihan khusus TKPK, yaitu dapat membantu dan memahami seputar peralatan dan prosedur yang berlaku. Beberapa peralatan yang perlu dipahami seperti tali pengaman, alat pelindung diri dan sistem penahan jatuh.

Selain itu, ada juga pemahaman mengenai prosedur keselamatan kerja yang akan diajarkan oleh pihak pemberi pelatihan. Baik itu berupa prosedur evakuasi sampai dengan tindakan – tindakan darurat yang memang diperlukan.

Sebagai Bentuk Kepatuhan Hukum dan Standar Keselamatan

Adapun alasan penting lainnya dalam mengikuti program pelatihan Tenaga Kerja Pada Ketinggian, yaitu karena merupakan bentuk kepatuhan hukum dan standar keselamatan. Hal ini wajar, dikarenakan setiap negara umumnya memiliki peraturan dan standar keselamatan sendiri.

Dimana, peraturan dan standar keselamatan yang berlaku tersebut terbilang ketat. Serta berkaitan erat dengan masalah pekerjaan di ketinggian. Dengan mengikuti pelatihan ini, maka pekerja dan perusahaan bisa terhindar dari adanya sanksi hukum dan memastikan lingkungan kerja aman.

Itulah tadi pembahasan mengenai biaya sertifikasi TKPK dan beberapa alasan kenapa perlu mengikuti pelatihan sertifikasi tersebut dalam melakukan kerja pada ketinggian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *