Apa itu TKBT 2 Dan apa perbedaanya dengan TKPK

TKBT 2 ialah program latihan tenaga kerja bangunan tinggi 2. Ini adalah inisiatif yang memang ditujukan bagi tenaga kerja yang memang beroperasi pada lingkungan ketinggian.

Tentu saja melalui pelatihan ini memiliki tujuan utama untuk menerapkan prinsip-prinsip keselamatan bagi karyawan.

Perbedaan TKBT 2 Beserta TKPK

Seperti yang telah diketahui apabila bekerja dalam ketinggian itu termasuk menjadi kategori pekerjaan dengan risiko yang sangat tinggi. Sebagai pekerja tentu harus tahu atau pun punya ilmu dalam mengenai berbagai tindakan untuk mencegah dari bahaya.

Akan tetapi sebelum jauh membahas yang berkaitan akan pelatihan tersebut Anda harus memahami apa yang menjadi perbedaan dari TKBT 2 dan TKPK.

Mengenai TKBT sendiri ialah nama dari tenaga kerja yang khusus melakukan pekerjaan dengan menggunakan platform dan punya akses guna menuju tempat pekerjaan mereka nanti. Biasanya pekerjaan ini akan berada di atas scaffording.

Sedangkan untuk tipeĀ pelatihan TKPK adalah tenaga kerja yang nantinya akan bekerja dalam ketinggian tanpa adanya akses untuk menuju ke tempat tersebut. Umumnya mereka akan menggunakan tali dalam menjangkau area kerja.

Apa Saja Materi Pelatihan TKBT 2

Bagi Anda yang sebelumnya belum pernah mengikuti trainingĀ  tenaga kerja bangunan tinggi tingkat 2. Pasti membutuhkan informasi yang sangat penting yaitu Seperti apa saja materi pelatihan yang bisa diberikan. Berikut ini ialah penjelasan untuk Anda!

Pemahaman Bekerja Di Ketinggian

Materi pertama yang akan diberikan kepada seluruh pekerja dalam training adalah pemahaman ketika bekerja di ketinggian. Biasanya akan ada penjelasan lengkap tentang materi-materi yang mencakup aspek AK3.

Kemudian biasanya juga akan lanjut juga pada sesi post test ataupun simulasi dari praktek. Untuk bisa mengevaluasi tingkat kompetensi peserta ketika mengaplikasikan prinsip AK3 tersebut.

Materi Fall Factor Atau Metode Bekerja

Karena memiliki tingkat resiko kecelakaan yang cukup tinggi maka setiap pekerja yang merupakan karyawan khusus untuk pada area yang cukup tinggi. Harus memahami apa saja metode-metode dalam bekerja di ketinggian.

Keberadaan dari informasi ini tentu saja menjadi salah satu materi terbaik untuk seluruh pekerja. Dengan demikian mereka akan jauh lebih berhati-hati dan melakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur perusahaan bahkan prosedur keamanan dalam bekerja.

TKBT 2, Analisa Resiko Bahaya Ketinggian

Dalam pelatihan ini seluruh tenaga kerja akan diberikan materi tentang bagaimana menganalisa resiko bahaya ketika bekerja di ketinggian. Biasanya para investor akan menjelaskan secara rinci bagaimana proses melakukan analisa tersebut.

Pastikan juga ketika Anda mengikuti sesi ini harus dicatat dengan baik dan juga lengkap. Karena akan menjadi pedoman ketika melakukan pekerjaan di ketinggian. Alhasil bisa membaca ulang jika memang ada beberapa hal-hal yang telah dilupakan.

Praktek Menaikkan dan Menurunkan Barang

Dalam suatu perusahaan ataupun pabrik tambang dan lain sebagainya biasanya akan ada sistem yang berfungsi untuk menaikkan ataupun menurunkan barang. Pada pelatihan ini nantinya tenaga kerja akan melakukan praktek untuk menggunakan sistem tersebut.

Karena jika tidak diberikan pelatihan secara khusus dalam penggunaan sistem, otomatis para pekerja baru tidak akan bisa mengoperasikannya. Pekerjaan pun akan banyak yang tertunda, jadi pastikanlah untuk mengikuti setiap sesi.

Itulah penjelasan lengkap yang bisa diberikan kepada Anda tentang apa sebetulnya pelatihan TKBT 2, beserta penjelasan perbedaan dengan TKPK. Semoga saja ulasan ini bisa membantu ya.

One thought on “Apa itu TKBT 2? Dan apa perbedaanya dengan TKPK”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *