Penunjukan auditor internal ISO 9001:2015 adalah langkah penting untuk memastikan audit internal berjalan efektif.

Memilih auditor internal ISO yang kompeten dan tepat adalah langkah kunci untuk memastikan audit internal yang efektif dan bermanfaat.Berikut adalah lima metrik penting yang harus dipertimbangkan saat menunjuk seorang auditor internal:

5 Pertimbangan untuk penunjukan Auditor Internal ISO 9001:2015

1. Kompetensi Auditor

Metrik pertama adalah memastikan bahwa auditor internal memiliki kompetensi yang diperlukan. Ini mencakup pengetahuan tentang standar ISO 9001:2015, teknik audit, serta pemahaman tentang proses dan operasi organisasi. Metrik ini dapat diukur melalui pelatihan, sertifikasi, dan pengalaman sebelumnya dalam audit internal.

2. Independensi dan Objektivitas

Auditor internal harus independen dan objektif dalam melakukan audit. Metrik ini dapat diukur dengan memastikan bahwa auditor tidak memiliki konflik kepentingan yang mungkin memengaruhi hasil audit. Penunjukan auditor harus memperhitungkan faktor-faktor ini.

3. Ketersediaan Waktu

Auditor internal harus memiliki waktu yang cukup untuk melakukan audit dengan cermat dan teliti. Metrik ini dapat diukur dengan memeriksa jadwal auditor dan memastikan bahwa mereka dapat mengalokasikan waktu yang diperlukan untuk audit.

Baca juga : PERSIAPAN YANG EFEKTIF UNTUK AUDIT ISO 9001:2015 (QMS)

4. Reputasi dan Kinerja Sebelumnya

Penunjukan auditor internal dapat dipengaruhi oleh reputasi dan kinerja sebelumnya auditor dalam audit internal. Metrik ini dapat diukur dengan memeriksa catatan audit sebelumnya, temuan, dan tindakan perbaikan yang diusulkan atau dilaksanakan.

5. Kepatuhan Terhadap Persyaratan Audit

Auditor internal harus mematuhi persyaratan dan pedoman yang relevan dalam melakukan audit sesuai ISO 9001:2015. Metrik ini dapat diukur melalui penilaian apakah auditor telah mengikuti prosedur dan pedoman yang ditetapkan dalam perencanaan dan pelaksanaan audit.

Metrik-metrik ini membantu organisasi memilih auditor ISO 9001:2015 yang tepat untuk memastikan bahwa audit internal mereka sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2015 dan memberikan hasil yang bermanfaat.

Selain itu, perlu diingat bahwa penunjukan auditor internal ISO 9001:2015 adalah langkah penting dalam memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu organisasi berjalan dengan baik dan mematuhi standar mutu.

One thought on “5 Metrik Penunjukan Auditor Internal ISO 9001:2015”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *